tempat piknik asyik mengesankan

Pantai Parangkusumo, Keseruan Pantai Yogyakarta

Pantai Parangkusumo YogyakartaHai Gaes.. Pantai merupakan tempat wisata asyik dan seru ya Gaes. Banyak diantaranya yang memiliki keindahan panorama, keseruan, keunikan yang identik akan tempat wisata tersebut. Pantai Parangkusumo Gaes, merupakan salah satu pantai yang terkenal di Yogyakarta. Memiliki keistimewaan dan keunikan tersendiri. 
 
Lokasi Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo merupakan pantai yang terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta Gaes. Atau berada persis bersebelahan dengan Pantai Parangtritis dan juga Pantai Depok, namun memang tidak ada batas antara pantai-pantai tersebut. Jalan yang menghubungkan ketiga pantai terkenal ini sudah beraspal dan cukup lebar.


Pantai Parangkusumo adalah pantai yang unik dan asyik. Di bagian tepian darat atau pantai ada banyak bangunan-bangunan yang berbeda-beda, dan bahkan jarang dijumpai di daerah pantai-pantai yang lain. Namun di jalan tepian Pantai Parangkusumo jarang dijumpai deretan warung-warung dan tempat parkir kendaraan yang berpeneduh.

Pantai Parangkusumo memiliki ombak yang cukup besar dan bergemuruh. Yang paling menarik dan menjadi legenda terkenal dan masih bertahan juga begitu erat dengan masyarakat Yogyakarta khususnya atau masyarakat Jawa pada umumnya, yaitu tentang Legenda Ratu Laut Kidul atau penguasa Laut Selatan, yang begitu berpengaruh terhadap kehidupan penguasa-penguasa atau Raja-Raja Mataram, sekitar jaman Panembahan Senopati sampai saat ini Gaes.

Dengan begitu melekatnya kisah Legenda tersebut Gaes, maka menjadikan Pantai Parangkusumo ini sering digunakan sebagai tempat rutin diselenggarakannya berbagai ritual, baik dari yang dilakukan oleh Keraton Yogyakarta, masyarakat umum atau kelompok masyarakat, dan maupun secara individual. Diantaranya seperti Tirakatan, Semedi, Upacara Melasti, juga Labuhan Ageng.



Dari segi perawatan dan pengembangannya, di pantai ini sudah ditata secara apik dan menarik sehingga berusaha memberikan kesan seru dan menarik. Ditata secara rapi, dan juga berusaha untuk memberikan kemudahan wisatawan menikmati pemandangan perbukitan hijau, yang sangat indah dan menyejukkan mata Gaes.

Pantai Parangkusumo adalah pantai dengan pasir hitam juga diiringi debur ombak yang cukup besar yang cenderung berbahaya yang indentik dengan ombak Laut Selatan. Sehingga tidak disarankan untuk menjadi wahana selancar bagi peselancar maupun untuk kapal-kapal. Maka disini banyak warga yang hanya mencari hasil laut di tepian pantai saja seperti dengan menjala atau memancing. 

Kegiatan di Pantai Parangkusumo

Gaes kegiatan ritual yang sering dilakukan di Pantai Parangkusumo, seperti Labuhan Ageng yang diadakan setiap delapan tahun sekali bertujuan untuk memperingati Jumenengan Sultan Yogya. Labuhan Ageng merupakan ritual Persembahan Pakaian ( Caos Ageman ) serta memberkan sesajen kepada Ratu Laut Kidul yang diletakkan pada 3 buah ‘Ancak’ dari anyaman bamboo dan kemudian dilarung ke lautan. Dan selain itu ada upacara Melasti yang biasanya dilakukan 3-4 hari sebelm Hari Raya Nyepi pada siang hari.

Pantai Parangkusumo, memang salah satu pantai yang memiliki keistimewaan yang seru ya Gaes. Jadi ga ada salahnya untuk jadi salah satu tujuan wisata Gaes. Jika berkunjung ke Pantai Parangkusumo ini akan lebih menarik jika saat berlangsungnya acara upacara ritual Labuhan atau Upacara Melasti pasti akan berkesan di hati.

Jangan lupa baca info tempat wisata lain disini, beritahu teman-teman ya Gaes. :)


0 Komentar untuk "Pantai Parangkusumo, Keseruan Pantai Yogyakarta"

Back To Top